Minggu, 08 Oktober 2017

OOMYCETES



Oomycetes merupakan jamur yang menyebabkan penyakit-penyakit penting di bidang pertanian. Penyait ini merupakan penyakit utama yang biasa dilamai keluhan oleh para petani. Diantaranya adalah:

  1. Phytophthora infestans yang menyebabkan penyakit hawar pada daun kentang
Jamur ini menyebabkan peristiwa terbesar yang terjadi di Irlandia yang dikenal dengan peristiwa “Irish famine”. Jadi pada tahun 1844 penyakit ini mulai menyebar luas di Irlandia hingga pada tahun 1917. Pada saat itu Irlandia mencoba untuk menanam kentang dan pada saat itu mampu mengahasilkan kentang yang secara kuantitas dan kualitanya baik. Hingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk menjadikan kentang sebagai makanan pokoknya dan menyimpan hasil panen mereka digudang simpan.

Pada waktu itu Irlandia gencar menanam kentang terus menerus hingga pada suatu hari kentang mereka terserang penyakit hawar yang ditandai dengan aun-daun kentang berwarna kecokelatan dan umbinya tidak bisa berkembang dengan baik. Namun mereka masih merasa tenang karena mereka masih memiliki kentang yang telah mereka simpan hasil dari panen yang lalu, dan pada akhirnya ternyata semua kentang yang disimpan memiliki gejala yang sama padahal sebelumnya kentang dalam keadaan baik. Pada saat itu Irlandia mengalami krisis pangan bahkan sampai ada yang meninggal.
  1. Perenosclerospora yang menyebabkan penyakit bula pada jagung. Penyakit susah dikendalikan hingga sekarang.
  2. Plasmopora viticola, yang menyebabkan penyakit embun tepung pada anggur atau yang dikenal dengan istilah “downy mildew”
  3. Pythium spp. yang menyebabkan penyakit damping off atau rebah persemaian yang ditandai dengan busuknya pangkal batang.
  4. Saprolegnia moneica yang menyebabkan penyakit pada ikan.
Jamur dari golongan oomycetes ini memilki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Memiliki hifa yang tidak bersekat
  2. Reproduksi seksual dengan membentuk oospore dalam jaringan tanaman
  3. Reproduksi aseksual membentuk zoospore
  4. Banyak anggota sari mereka adalah parasite penting (seperti yang telah dijelaskan)
Untuk mempertahankan hidupnya jamur oomycetes ini melakukan siklus hidupnya sebagai berikut;
Kentang yang telah terinfenksi oleh hawar akan terdapat jamur. Jamur tersebut akan membentuk hifa dan ketika di dalam tanah akan membentuk artheridium (jantan) dan oogonium (betina) akan mating mengalami kariyogami (peleburan 2 inti) dan plasmogami (peleburan 2 plasma) akan menghasilkan oospore kemudian akan berkecambah dan ada ujungnya membentuk sporangium. Ketika sudah matang maka akan siap sporulasi dan ujung sporangium akan pecah sehingga keluarlah zoospore. Dan apabila zoospore mendeteksi eksudat pada tanaman maka akan bergerak dan menempel pada tanaman dan melakukan penetrasi dan berkembangbiak. Sehingga kentang tersebut terkena penyakit hawar. Dan penyakit ini akan menyebar jika sudah siap melakukan sporulasi kembali, begitupun seterusnya.

08 Oktober 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar