TUGAS KELOMPOK EKONOMI PERTANIAN
KELOMPOK:
Na Christian
Teddy Setiawan (15104010
Suci Rahayu
Saputri (15104010
Inayatul
Fitria Dewi (1510401057)
AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS
PERTANIAN
UNIVERSITAS
TIDAR
2015/2016
1)
Mengkaji
Data Kontribusi Sektor Pertanian terhadap PDB selama 10 Tahun Terakhir
(2014-2005)
LAPANGAN USAHA
|
2014**
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
15,12
|
14,85
|
15,25
|
12,19
|
14,33
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
7,99
|
6,92
|
7,18
|
4,52
|
6,62
|
b. tanaman perkebunan
|
1,50
|
2,19
|
2,35
|
1,59
|
1,91
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,81
|
1,78
|
1,80
|
1,90
|
1,83
|
d. kehutanan
|
0,55
|
0,64
|
0,60
|
0,61
|
0,60
|
e.
perikanan
|
3,27
|
3,32
|
3,32
|
3,57
|
3,37
|
LAPANGAN USAHA
|
2013*
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian, peternakan,
|
15,13
|
15,04
|
15,42
|
12,21
|
14,42
|
kehutanan
dan perikanan
|
|||||
a.
tanaman bahan pangan
|
8,21
|
7,27
|
7,38
|
4,68
|
6,84
|
b.
tanaman perkebunan
|
1,44
|
2,14
|
2,41
|
1,66
|
1,92
|
c.
peternakan dan hasil-hasilnya
|
1,79
|
1,78
|
1,81
|
1,89
|
1,82
|
d.
kehutanan
|
0,57
|
0,66
|
0,63
|
0,65
|
0,63
|
e.
perikanan
|
3,12
|
3,20
|
3,19
|
3,32
|
3,21
|
LAPANGAN USAHA
|
2012
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
15,26
|
14,91
|
15,54
|
12,33
|
14,50
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,45
|
7,29
|
7,38
|
4,90
|
6,98
|
b. tanaman perkebunan
|
1,48
|
2,17
|
2,57
|
1,65
|
1,97
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,76
|
1,73
|
1,75
|
1,84
|
1,77
|
d. kehutanan
|
0,59
|
0,68
|
0,68
|
0,71
|
0,67
|
e. perikanan
|
2,97
|
3,03
|
3,17
|
3,22
|
3,10
|
LAPANGAN USAHA
|
2011
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
15,56
|
15,24
|
15,52
|
12,63
|
14,71
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,67
|
7,43
|
7,34
|
5,28
|
7,14
|
b. tanaman perkebunan
|
1,53
|
2,30
|
2,66
|
1,75
|
2,07
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,76
|
1,70
|
1,70
|
1,82
|
1,74
|
d. kehutanan
|
0,61
|
0,74
|
0,72
|
0,72
|
0,70
|
e. perikanan
|
2,99
|
3,07
|
3,10
|
3,06
|
3,06
|
LAPANGAN USAHA
|
2010
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
15,95
|
15,67
|
16,24
|
13,37
|
15,29
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,79
|
7,71
|
7,88
|
5,70
|
7,48
|
b. tanaman perkebunan
|
1,55
|
2,28
|
2,68
|
1,89
|
2,11
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,87
|
1,81
|
1,82
|
1,91
|
1,85
|
d. kehutanan
|
0,67
|
0,78
|
0,77
|
0,76
|
0,75
|
e. perikanan
|
3,07
|
3,09
|
3,10
|
3,11
|
3,09
|
LAPANGAN USAHA
|
2009
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
15,61
|
15,61
|
16,37
|
13,60
|
15,29
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,63
|
7,68
|
7,97
|
5,74
|
7,48
|
b. tanaman perkebunan
|
1,32
|
2,11
|
2,59
|
1,87
|
1,99
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,86
|
1,83
|
1,83
|
1,96
|
1,87
|
d. kehutanan
|
0,73
|
0,85
|
0,81
|
0,82
|
0,80
|
e. perikanan
|
3,06
|
3,15
|
3,18
|
3,21
|
3,15
|
LAPANGAN USAHA
|
2008
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
14,60
|
14,68
|
15,70
|
12,94
|
14,48
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,25
|
7,45
|
7,49
|
5,25
|
7,07
|
b. tanaman perkebunan
|
1,46
|
2,31
|
2,89
|
1,80
|
2,14
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,63
|
1,53
|
1,63
|
1,93
|
1,68
|
d. kehutanan
|
0,72
|
0,82
|
0,84
|
0,87
|
0,82
|
e. perikanan
|
2,54
|
2,58
|
2,84
|
3,09
|
2,77
|
LAPANGAN USAHA
|
2007
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
13,58
|
14,09
|
15,05
|
12,17
|
13,72
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
7,54
|
7,04
|
7,30
|
5,08
|
6,71
|
b. tanaman perkebunan
|
1,31
|
2,15
|
2,80
|
1,94
|
2,07
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,57
|
1,49
|
1,50
|
1,65
|
1,55
|
d. kehutanan
|
0,83
|
1,01
|
0,92
|
0,89
|
0,92
|
e. perikanan
|
2,32
|
2,39
|
2,53
|
2,62
|
2,47
|
LAPANGAN USAHA
|
2006
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
13,64
|
13,07
|
13,72
|
11,55
|
12,97
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,12
|
6,56
|
6,39
|
4,79
|
6,42
|
b. tanaman perkebunan
|
1,24
|
1,93
|
2,58
|
1,77
|
1,90
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,61
|
1,45
|
1,46
|
1,60
|
1,53
|
d. kehutanan
|
0,66
|
0,95
|
0,96
|
1,00
|
0,90
|
e. perikanan
|
2,01
|
2,17
|
2,32
|
2,37
|
2,23
|
LAPANGAN USAHA
|
2005
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
pertanian,
peternakan,
|
14,22
|
13,67
|
13,76
|
11,14
|
13,13
|
kehutanan dan
perikanan
|
|||||
a. tanaman bahan
pangan
|
8,30
|
6,94
|
6,47
|
4,77
|
6,54
|
b. tanaman perkebunan
|
1,30
|
2,12
|
2,74
|
1,91
|
2,03
|
c. peternakan dan
hasil-hasilnya
|
1,77
|
1,56
|
1,53
|
1,53
|
1,59
|
d. kehutanan
|
0,71
|
0,87
|
0,84
|
0,83
|
0,81
|
e. perikanan
|
2,14
|
2,19
|
2,18
|
2,10
|
2,15
|
Keterangan: * angka
sementara
** angka sangat
sementara
Dalam
periode 2009-2014, sektor pertanian secara umum mengalami penurunan, hal ini
disebabkan oleh rendahnya pendidikan para petani, sulitnya akses ke pembiayaan untuk wilayah pedesaan, minimnya keterampilan, minimnya akses informasi dan kurangnya penerapan teknologi pertanian. Selain itu juga karena adanya iklim yang
berubah-ubah yang tidak dapat diprediksi.
Pertanian
memiliki beberapa peranan dalam perekonomian nasional sebagai berikut:
1. Peranan dalam mensejahterakan petani
2. Peranan dalam menyediakan pangan
3. Peranan sebagai wahana pemerataan pembangunan untuk mengatasi
kesenjangan pendapatan antar masyarakat maupun kesenjangan antar wilayah
4. Peranan sebagai pasar input bagi pengembangan agroindustri
5. Peranan sebagai penghasil devisa
6. Peranan dalam menyediakan lapangan pekerjaan
7. Perananan dalam pembentukan produk domestik bruto
8. Perananan dalam pelestarian lingkungan hidup
Namun dalam perjalanannya kebijakan-kebijakan
pemerintah yang diambil dalam sektor pertanian tidak lepas dari kendala dan
kelemahan. Misalnya dalam pemanfaatan sumber daya yang kurang optimal sehingga
sektor ini belum mensejahterakan masyarakat Indonesia secara keseluruhan
terutama para petani. Dan Indonesia sebagai negara agraris atau negara
pertanian yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian petani, sangatlah aneh
jika para petani masih hidup dengan kekurangan apalagi termasuk dalam golongan
miskin. Sedangkan sektor pertanian adalah salah satu sektor yang paling penting
dalam pembangunan perekonomian Indonesia seharusnya pemerintah lebih perhatian
terhadap para petani karena mereka juga menyumbang dalam devisa negara untuk
pendapatan nasional.
2)
Mengkaji
Sektor-Sektor Pembangunan yang ada di Indonesia dan Membandingkan Sektor
Pertanian dengan Sektor yang Lainnya
LAPANGAN USAHA
|
2014**
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
Jumlah
|
|
1. PERTANIAN,
PETERNAKAN
|
15,12
|
14,85
|
15,25
|
12,19
|
14,33
|
KEHUTANAN DAN PERIKANAN
|
|||||
a. tanaman
bahan pangan
|
7,99
|
6,92
|
7,18
|
4,52
|
6,62
|
b. tanaman
perkebunan
|
1,50
|
2,19
|
2,35
|
1,59
|
1,91
|
c.
peternakan dan hasil-hasilnya
|
1,81
|
1,78
|
1,80
|
1,90
|
1,83
|
d.
kehutanan
|
0,55
|
0,64
|
0,60
|
0,61
|
0,60
|
e.
perikanan
|
3,27
|
3,32
|
3,32
|
3,57
|
3,37
|
2. PERTAMBANGAN DAN
PENGGALIAN
|
10,56
|
10,63
|
10,41
|
10,37
|
10,49
|
a. Minyak
dan gas bumi
|
4,66
|
4,37
|
4,04
|
3,36
|
4,09
|
b.
Pertambangan tanpa migas
|
4,31
|
4,66
|
4,75
|
5,26
|
4,76
|
c.
penggalian
|
1,58
|
1,60
|
1,62
|
1,75
|
1,64
|
3. INDUSTRI
PENGOLAHAN
|
23,75
|
23,79
|
23,35
|
23,98
|
23,71
|
a.
Industri migas
|
3,05
|
2,92
|
2,79
|
2,76
|
2,88
|
1).
Pengilangan minyak bumi
|
1,70
|
1,62
|
1,55
|
1,54
|
1,60
|
2). Gas
alam cair
|
1,35
|
1,30
|
1,24
|
1,22
|
1,28
|
b.
Industri tanpa migas
|
20,70
|
20,87
|
20,57
|
21,21
|
20,84
|
1).
Makanan, minuman dan tembakau
|
7,37
|
7,70
|
7,80
|
7,88
|
7,70
|
2).
Tekstil, Brg. Kulit dan alas kaki
|
1,86
|
1,90
|
1,83
|
1,80
|
1,85
|
3). Brg.
Kayu dan hasil hutan lainnya
|
1,07
|
1,07
|
1,03
|
1,06
|
1,06
|
4). Kertas
dan barang cetakan
|
0,81
|
0,83
|
0,78
|
0,78
|
0,80
|
5). Pupuk
kimia dan barang dari karet
|
2,55
|
2,44
|
2,27
|
2,37
|
2,40
|
6). Semen,
dan Brg. Galian bukan logam
|
0,68
|
0,67
|
0,64
|
0,70
|
0,67
|
7). Logam
dasar besi dan baja
|
0,39
|
0,39
|
0,37
|
0,39
|
0,38
|
8). Alat
angka, mesin dan peralatannya
|
5,83
|
5,74
|
5,71
|
6,10
|
5,85
|
9). Barang
lainnya
|
0,14
|
0,14
|
0,13
|
0,13
|
0,14
|
4. LISTRIK, GAS DAN
AIR BERSIH
|
0,79
|
0,81
|
0,77
|
0,85
|
0,80
|
a. Listrik
|
0,53
|
0,55
|
0,52
|
0,57
|
0,54
|
b. Gas
kota
|
0,19
|
0,19
|
0,18
|
0,21
|
0,19
|
c. Air
bersih
|
0,07
|
0,07
|
0,07
|
0,07
|
0,07
|
5. BANGUNAN
|
9,78
|
9,89
|
9,85
|
10,66
|
10,05
|
6. PERDAGANGAN, HOTEL
DAN RESTORAN
|
14,62
|
14,71
|
14,31
|
14,76
|
14,60
|
a.
Perdagangan besar dan eceran
|
11,78
|
11,89
|
11,59
|
11,94
|
11,80
|
b. Hotel
|
0,45
|
0,47
|
0,45
|
0,48
|
0,47
|
c.
Restoran
|
2,39
|
2,34
|
2,27
|
2,34
|
2,33
|
7. PENGANGKUTAN DAN
KOMUNIKASI
|
7,27
|
7,32
|
7,25
|
7,69
|
7,39
|
a.
Pengangkutan
|
4,01
|
4,13
|
4,17
|
4,51
|
4,21
|
1).
Angkutan rel
|
0,03
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
0,04
|
2).
Angkutan jalan raya
|
2,18
|
2,12
|
2,11
|
2,33
|
2,19
|
3).
Angkutan laut
|
0,24
|
0,25
|
0,26
|
0,25
|
0,25
|
4).
Angkutan sungai, danau dan penyebaranya
|
0,12
|
0,12
|
0,12
|
0,13
|
0,12
|
5).
Angkutan udara
|
0,92
|
1,08
|
1,15
|
1,25
|
1,10
|
6). Jasa
penunjang angkutan
|
0,52
|
0,52
|
0,50
|
0,51
|
0,51
|
b.
Komunikasi
|
3,25
|
3,19
|
3,08
|
3,18
|
3,17
|
8. KEUANGAN,
PERSEWAAN & JASA PERUSAHAAN
|
7,75
|
7,63
|
7,43
|
7,78
|
7,65
|
a. Bank
|
2,55
|
2,50
|
2,42
|
2,53
|
2,50
|
b. Lembaga
keuangan tanpa bank
|
1,05
|
1,04
|
1,00
|
1,03
|
1,03
|
c. Jasa
penunjang keuangan
|
0,06
|
0,06
|
0,05
|
0,06
|
0,06
|
d. Sewa
bangunan
|
2,59
|
2,55
|
2,50
|
2,62
|
2,56
|
e. Jasa
perusahaan
|
1,51
|
1,48
|
1,45
|
1,55
|
1,50
|
9. JASA-JASA
|
10,37
|
10,37
|
11,37
|
11,72
|
10,98
|
a.
Pemerintahan umun
|
5,11
|
5,18
|
6,23
|
6,38
|
5,75
|
1). Adm.
Pemerintahan & pertahanan
|
3,16
|
3,20
|
3,84
|
3,95
|
3,55
|
2). Jasa
pemerintahan lainnya
|
1,95
|
1,98
|
2,38
|
2,43
|
2,19
|
b. Swasta
|
5,26
|
5,19
|
5,15
|
5,34
|
5,24
|
1). Sosial
kemasyarakatan
|
2,12
|
2,10
|
2,12
|
2,20
|
2,14
|
2).
Hiburan dan rekreasi
|
0,31
|
0,31
|
0,31
|
0,32
|
0,31
|
3).
Perorangan dan rumah tangga
|
2,83
|
2,79
|
2,72
|
2,83
|
2,79
|
PDB
|
100,00
|
100,00
|
100,00
|
100,00
|
100,00
|
PDB tanpa migas
|
92,29
|
92,71
|
93,17
|
93,87
|
93,03
|
Keterangan: * angka
sementara
** angka sangat sementara
Dari data yang diperoleh di atas sektor pertanian menempati posisi
ke-3 setelah sektor industri dan sektor perdagangan, hotel dan restoran. Pada
sektor pertanian mampu menyumbangkan 14,33% bagi pendapatan nasional di Indonesia
sedangkan pada sektor industri memberikan kontribusi terbesar dibandingkan
dengan sektor yang lainnya sebanyak 23,71%. Tingginya perbedaan kontribusi
antara sektor pertanian dan industri ini disebabkan karena beberapa hal.
Dalam sektor
industri mampu berkembang dengan baik sehingga menggugah para investor untuk
berperan serta dalam sektor ini. Dengan banyaknya investasi yang ditanamkan
menyebabkan industri dapat berkembang secara cepat dibanding dengan sektor yang
lainnya. Perkembangan sektor industri mampu menarik masyarakat desa untuk
beralih pada sektor ini, karena mereka beranggapan bahwa pada sektor industri
mampu membawa mereka untuk meningkatkan pendapatannya. Banyaknya industri yang
didirikan di Indonesia mampu memberikan peluang untuk mengurangi pengangguran
yang ada.
Kontribusi pada sektor pertanian mengalami perkembangan yang
fluktuatif dari tahun ke tahunnya. Hal ini dikarenakan masyarakat beranggapan
bahwa pada sektor pertanian belum bisa menyelesaikan pertumbuhan penduduk di Indonesia
yang masih pengangguran. Perkembangan sektor pertanian tidak bisa diduga
sehingga perkembangannya pun juga bergantung dengan keadaan alam yang ada
sehingga akan berpengaruh juga terhadap pendapatan nasional karena keberadaan
sektor pertanian memberikan pengaruh terhadap sektor lainnya seperti sektor
industri, sektor perdagangan hotel dan restoran.
3)
Keadaan
Syarat Pokok dan Syarat Pelancar Pembangunan Petanian yang ada Di Indonesia
1.
Syarat
pokok
a.
Teknologi
yang selalu berubah
Teknologi dalam
pertanian adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan pekerjaan dan
menghasilkan output yang lebih baik. Di dalamnya terdapat cara-cara bagaimana
para petani menyebarkan benih, memelihara
tanaman, dan memungut hasil serta memelihara ternak. Termasuk pula di
dalamnya benih, pupuk, obat-obatan, alat-alat dan sumber tenaga.
Teknologi akan
membantu petani meraih hasil secara maksimal dengan kerja yang relatif lebih
ringan, tetapi dalam hal ini diperlukan pula biaya yang tidak sedikit. Hal
inilah yang biasanya menjadi penghambat utama dalam pengadopsian teknologi pertanian
di Indonesia. Untuk itu dibutuhkan bantuan pemerintah untuk memudahkan petani
mengakses teknologi.
Di Indonesia
teknologi dalam bidang pertanian kurang begitu memadai. Hal ini disebabkan
karena banyaknya tenaga kerja yang beralih pada sektor industri, dimana pada
sektor ini dianggap mampu memajukan kesejahteraan hidupnya. Sehingga dengan
terbatasnya tenaga kerja yang ada di Indonesia dalam sektor pertanian maka
perlu adanya teknologi untuk membantu dalam proses produksi maupun pasca
produksi. Seperti alat untuk menanam, memupuk, memanen dan lain sebagainya.
b. Sarana produksi tersedia secara lokal
Berkaitan dengan
teknologi pertanian yang saat ini lebih banyak ditemukan oleh pihak luar
negeri, sehingga masyarakat yang berlokasi jauh dari kota besar sulit untuk
mendapatkan teknologi tersebut. Sehubungan dengan hal itu maka adanya saprotan
lokal akan sangat membantu petani dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Tentu
saja hal ini akan berakibat sangat baik bagi petani, dimana ia dapat
meningkatkan produksinya dengan sejumlah teknologi.
Saprotan lokal sendiri
akan lebih baik apabila berasal dari desa itu sendiri. Karena ia sudah sangat
paham dengan kondisi petani di daerahnya sehingga ia akan lebih mentolerir
harga dibanding dengan saprotan di kota besar yang kebanyakan tak acuh kepada
petani, singkatnya saprotan kota besar hanya ingin mengeruk keuntungan. Berbeda
dengan saprotan lokal yang ingin membantu warganya.
Terdapat lima sifat
yang sarana produksi yang diinginkan oleh petani, yaitu:
1. Efektif dari segi
teknis
2. Mutunya dapat
dipercaya
3. Harganya tidak mahal
4. Harus tersedia pada
saat dibutuhkan
5. Harus dijual dalam
ukuran/takaran yang cocok
Di Indonesia sekarang
ini sangat kekurangan sekali akan sarana produksi yang ada. Hal ini dikarenakan
keadaan geografis dari wilayah Indonesia sendiri yang berbeda-beda, sehingga
untuk menciptakan sarana produksi di masing-masing suatu wilayah itu sangat
sulit. Selain itu, mampu tidaknya masyarakat untuk memiliki teknologi dalam
menunjang sarana produksi untuk produktivitas tanamannya. Karena antara
masyarakat kota dengan desa memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk membeli
sarana produksi yang diperlukan.
c.
Transportasi atau
pengangkutan
Pada dasarnya
transportasi yang diperlukan oleh petani ialah hanya alat pengangkut yang
berhubungan dengan pertanian, seperti bibit, pupuk, pestisida dan lain-lain.
Alat ini dapat berupa truk sederhana atau mobil pick-up biasa,
mereka tidak memerlukan sedan ataupun mobil mewah lainnya. Mereka membutuhkan
kendaraan yang dapat “dipaksa” bekerja. Terutama yang berbahan bakar hemat,
karena kita tahu saat ini harga bahan bakar sangat melambung jauh. Sehingga
apabila kendaraan tersebut boros maka hampir dapat dipastikan petani akan
enggan memakainya.
Terdapat beberapa
faktor yang mempengaruhi biaya angkutan (A.T. Mosher, 1965;138) antara lain :
a) Sifat barang yang harus diangkut, berapa berat atau besarnya barang.
b) Jarak pengangkutan barang-barang itu
c) Banyaknya barang yang diangkut
d) Jenis alat pengangkutan
Masalah yang dihadapi
dalam sektor pertanian di Indonesia ini adaalah sifat dari hasil pertanian
sendiri yang tidak tahan lama sehingga tidak barang ini mudah rusak jika harus
menempuh jarak yang begitu lama. Maka dari itu perlu ada solusi untuk
memecahkan masalah ini supaya produk pertanian tidak mudah rusak jika
didistribusikan.
d.
Adanya pasar untuk
hasil-hasil usaha tani
Hal ini mutlak
diperlukan, sebab jika tidak ada pasar bagi hasil-hasil usaha tani pertanian seperti berjalan di
tempat. Hasil pertanian akan cenderung dikonsumsi sendiri, dan hal ini tidak
akan membangun pertanian sama sekali. Pasar bagi hasil-hasil
tani diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan merangsang
pertumbuhan pertanian Indonesia.
Pasar bagi hasil usaha
tani selain berfungsi sebagai penampung hasil tani juga dapat berfungsi sebagai tempat komunikasi. Dalam hal ini komunikasi
yang dimaksud mengkhususkan kepada mengeratkan kembali hubungan diantara
petani. Dengan adanya pasar ini, tentu petani akan sering bertemu dan
berinteraksi. Sehingga apabila salah satu petani menemui kesulitan, ia dapat
meminta bantuan kepada teman-teman di pasar ini.
Pembangunan pertanian
akan meningkatkan produksi hasil-hasil usaha tani. Hasil-hasil ini tentunya
akan dipasarkan dan dijual dengan harga yang cukup tinggi untuk menutupi
biaya-biaya dan tenaga yang telah dikeluarkan para petani sewaktu
memproduksinya
Di dalam memasarkan
hasil-hasil produk pertanian ini diperlukan adanya permintaan (demand) akan
hasil-hasil pertanian tersebut, sistem pemasaran dan kepercayaan para petani
pada sistem pemasaran tersebut.
Keadaan
ini dapat tercapai dengan adanya daya beli dari target konsumen terhadap hasil pertanian, serta kebijakan perdagangan yang mendukung. Kebijakan
perdagangan internasional dapat dibedakan di bidang ekspor impor, kedua hal ini
mempengaruhi struktur, komposisi dan arah transaksi serta kelancaran usaha
untuk peningkatan devisa negara.
Dengan
masuknya Indonesia sebagai masyarakat ekonomi ASEAN sekarang ini dihimbau, agar
sektor pertanian mampu bersaing dengan komoditas hasil sektor luar negeri
sehingga mampu mewujudkan pertanian Indonesia maju, tidak hanya dari sektor
pembangunan yang lainnya saja.
e. Rangsangan atau insentif
Faktor perangsang utama
yang membuat petani bergairah untuk meningkatkan produksinya adalah yang bersifat
ekonomis. Faktor tersebut antara lain adalah harga hasil produksi pertanian
yang menguntungkan, pembagian hasil yang wajar, serta tersedianya barang-barang
dan jasa yang ingin dibeli oleh para petani untuk keluarganya. Peran pemerintah
sangat vital dalam hal ini, mereka harus dapat menciptakan kondisi yang
kondusif sehingga hal ini dapat berjalan dengan baik. Misalnya
kebijaksanaan harga beras minimum, subsidi harga pupuk, kegiatan-kegiatan
penyuluhan pertanian yang intensif, perlombaan-perlombaan dengan hadiah menarik
pada petani-petani teladan dan lain-lain. Pendidikan pembangunan pada
petani-petani di desa, baik mengenai teknik-teknik baru dalam pertanian maupun
mengenai keterampilan-keterampilan lainnya juga sangat membantu menciptakan
iklim yang menggiatkan usaha pembangunan.
Jadi perangsang yang
dapat secara efektif mendorong petani untuk menaikkan produksinya adalah
terutama bersifat ekonomis (A.T Mosher, 1965;124), yaitu :
a) Perbandingan harga yang menguntungkan.
b) Bagi hasil yang wajar.
c) Tersedianya barang dan jasa yang ingin dibeli oleh petani untuk
keluarganya.
d) Tersedianya pengangkutan yang lancar dan berkelanjutan.
Tanpa pengangkutan yang
efisien dan murah, keempat syarat mutlak lainnya tidak dapat berjalan secara
efektif, karena produksi pertanian harus tersebar luas. Oleh karena itu
diperlukan suatu jaringan pengangkutan yang bercabang luas untuk membawa
bahan-bahan perlengkapan produksi ke tiap usaha tani dan membawa hasil usaha
tani ke konsumen di kota-kota besar dan kecil. Tanpa alat transportasi
mustahil pembangunan dapat dilakukan. Karena transportasi ialah akses untuk
memasarkan hasil pertanian dari desa ke masyarakat luas di Indonesia. Pada
umumnya jalur transportasi di Indonesia sudah cukup baik, hanya saja terdapat
ketidakmerataan pembangunan dimana desa-desa kecil masih sulit dijangkau.
2.
Syarat pelancar
a. Pendidikan Pembangunan
Pendidikan adalah
menciptakan lingkungan yang memungkinkan berkembangnya seseorang, sehingga
terwujud bertani yang lebih baik, usahatani yang lebih menguntungkan, kehidupan
keluarga tani yang lebih sejahtera, masyarakat pedesaan lebih maju dan
kelestarian lingkungan lebih terjamin. Pendidikan pembangunan yaitu bagaimana
mendidik petani untuk mengambil manfaat dari masyarakat lain dimasa lampau yang
dapat membantu masyarakat itu maju dan berkembang sesuai yang dikehendaki.
Belajar terus menerus
memang mutlak perlu, tetapi orang dapat belajar dari pengalaman tanpa menerima
pengajaran secara formil. Diadakannya pendidikan formil mempercepat proses
belajar. Untuk mempercepat pembangunan, pendidikan sungguh perlu. Jika
pembangunan pertanian hendak dipercepat, maka perlu dipersiapkan 4 jenis
pendidikan pembangunan, yaitu :
1.
Pendidikan dasar dan
lanjutan
Pendidikan formal dari
tingkat Dasar sampai dengan Tingkat Menengah Pertama, sampai saat ini memang
belum ada kejuruan / jurusan pendidikan dasar pertanian atau pendidikan dasar
pembangunan. Pada tahap sekolah dasar, pendidikan pembangunan itu mulai
mempersiapkan anak – anak untuk dalam kehidupan selanjutnya dapat memikirkan
secara ilmiah mengenai segala sesuatu yang mereka lakukan, mengenalkan tumbuhan
dan hewan, menambah pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan baru dan dapat
memecahkan masalah baru.
Pendidikan Pembangunan
di sekolah lanjutan pertama, hendaklah meneruskan proses pada sekolah dasar dan
mengembangkan pendidikan pembangunan, misalnya dengan mengajarkan sendi-sendi
perusahaan, perihal jual beli, menghitung biaya dan hasil, lingkungan, sumber
daya alam, dan lain-lain.
Pada tingkat SMA dan
Perguruan Tinggi, pendidikan pembangunan sudah diarahkan sesuai dengan
jurusannya, seperti SPMA, SNAKMA, STM Pertanian, Sekolah Perikanan,
Akademi-akademi sampai dengan Fakultas-fakultas Pertanian dan seterusnya,
sesuai dengan program studi yang di kehendaki.
2.
Pendidikan pembangunan
untuk petani.
Pendidikan Pembangunan
untuk petani bersifat tidak formil, oleh karena itu agar program pendidikannya
efektif haruslah memenuhi syarat sebagai berikut:
a. Harus datang ke tempat petani.
b. Harus bersifat khas sesuai dengan minat dan kebutuhan petani sekarang.
c. Harus mengindahkan kenyataan bahwa petani itu adalah orang dewasa.
d. Harus disesuaikan dengan waktu senggang petani.
e. Unit bahan pelajaran harus merupakan suatu cara kerja tertentu yang baru
atau yang telah di perbaiki.
f. Harus disertai dengan kesempatan mempraktekkan.
g. Setiap cara baru yang di anjurkan itu, haruslah teknis, efisien dan
menguntungkan.
h. Petani memerlukan dorongan untuk mau melakukan percobaan.
Pendidikan Pembangunan
untuk petani khususnya Pertanian, yang sampai saat ini masih di anggap efektif
dan memenuhi syarat-syarat tersebut, adalah pendidikan non formal yang kita
kenal dengan istilah “ penyuluhan pertanian”.
Penyuluhan pertanian
pada dasarnya bertujuan :
1.
Menyadarkan dan
membimbing para petani akan adanya alternatif-alternatif, adanya metode-metode
lain dalam menyelenggarakan usahataninya.
2.
Meningkatkan
partisipasi dan PKS ( Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap) untuk mau melakukan
perubahan.
3.
Mengembangkan Swadaya
dan Swakarsa petani.
4.
Menumbuhkan dinamika
dan kepemimpinan anggota kelompoktani melalui kegiatan musyawarah dalam
merencanakan dan melaksanakan usahatani.
3.
Pelatihan bagi petugas
teknis pertanian.
Siapapun diantara kita
yang bekerja dalam salah satu lembaga yang berhubungan dengan pertanian, adalah
orang yang menjalankan tugas sungguh luhur. Pertanian adalah industri terbesar
di dunia, dan pembangunan pertanian amatlah penting di hampir semua negara. Oleh
karena itu diperlukan petugas yang professional di bidangnya dan terus
mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan yang terus berkembang. Guna
mempercepat pembangunan pertanian, setiap petugas teknis perlu terus diberi
kesempatan untuk belajar dan bereksperimen, mengembangkan keterampilan baru,
meningkatkan keahlian khusus dan lain-lain, dengan cara pelatihan, kursus,
seminar, penataran dan kalau perlu tugas belajar.
4.
Pendidikan pembangunan
pertanian bagi rakyat kota.
Orang yang mempunyai
kekuasaan dan pengaruh politik sangat mempengaruhi kecepatan pembangunan
pertanian, kebanyakan mereka adalah orang-orang kota. Banyak diantara
mereka tidak mengerti apa yang diperlukan untuk pembangunan pertanian, atau
bahkan tidak mengerti mengapa pembangunan pertanian itu penting bagi Negara
sebagai keseluruhan.
Mungkin suatu saat
petani memerlukan harga yang lebih mahal untuk hasil buminya agar cukup
terangsang untuk menaikkan produksi. Tetapi penduduk kota lebih suka membayar
harga yang murah.Peningkatan produksi pertanian selalu memerlukan investasi
yang cukup besar untukinfra struktur seperti jalan-jalan pedesaan, fasilitas
pergudangan, irigasi, agroindustri, tetapi penduduk kota lebih menginginkan
investasi industri untuk memeperluas lapangan kerja didalam kota.
Jika tidak di jelaskan,
barangkali penduduk kota tidak menyadari bagaimana pembangunan pertanian dapat
memperluas pasaran utuk hasil-hasil industri dan untuk jasa-jasa komersiil yang
tersedia di kota-kota besar dan kecil.
Di antara mereka tidak
menyadari bahwa jenis-jenis industri tertentu yang menyediakan sarana produksi
kebutuhan petani dan yang mengolah hasil pertanian, lebih bermanfaat bagi
keseluruhan perekonomian dari pada jenis industri lainnya.
Dalam melakukan
pendidikan pembangunan diperlukan unsur-unsur keahlian dalam proses pendidikan,
yaitu:
a.
Pengetahuan dan
keterampilan teknik yang khusus
b.
Pengertian mengenai
pertanian
c.
Pengertiaan tentang
sifat dan pentingnya pembangunan pertanian
d.
Pengertian tentang
manusia dan organisasinya
e.
Kepercayaan yang realistis
pada rakyat pedesaan
f.
Menghargai spesialisasi
bidang lain
g.
Efektifitas pribadi di
dalam organisasi
h.
Terus belajar dan
bereksperimen
b. Kredit Produksi
Kredit produksi adalah
meminjamkan sejumlah dana untuk membiayai usaha tani petanidalam rentang waktu
saat pembelian sarana produksi dan saat penjualan hasil panen . Untuk
membeli sarana produksi pada umumnya petani kurang modal. Jika terpaksa harus
pinjam kepada tengkulak / ijon, yang bunganya tinggi. Maka untuk membantu
petani diperlukan kredit produksi, baik dari lembaga perbankan, pihak swasta
atau Koperasi Kredit, dengan syarat :
1. Prosedurnya cepat.
2. Prasyaratnya mudah.
3. Suku bunga rendah, dan
4. Realisasinya tepat waktu.
Permasalahan yang
sering dihadapi pada kredit produksi sebagai berikut:
1. Sulit menaksir output yang akan diperoleh
2. Sulit menaksir harga produksi pada saat panen
3. Tidak tahu berapa besar biaya memperoleh kredit
4. Takut jika tidak bisa melunasi pinjaman
5. Tidak tahu cara memperoleh kredit
6. Tidak dapat meminjam pada waktunya
c.
Kerjasama Kelompok
Petani
Menumbuh kembangkan
budaya kerjasama antar petani atau keluarganya secara berkelompok agar berperan
aktif dalam pembangunan di desanya. Bentuk kerjasama teresebut dapat di
wujudkan melalui misalnya :
1.
Gotong royong membangun
fasilitas umum.
2.
Membasmi hama penyakit
tanaman dan ternak.
3.
Gotong royong
kebersihan lingkungan.
4.
Menetapkan pola tanam
serempak atau pola giliran.
5.
Gotong royong
pengolahan tanah dan panen bersama.
6.
Membentuk perkumpulan
(kelompok tani, koperasi tani), dan lain-lain.
Untuk menggiatkan kerjasama
tersebut, diperlukan :
1.
Dukungan dan bantuan
dalam pengorganisasiannya.
2.
Bantuan penyediaan
bahan-bahan khusus.
3.
Bantuan teknis dan
pengelolaannya.
4.
Bantuan keuangan
d.
Perbaikan dan Perluasan
Tanah Pertanian
Perbaikan dan perluasan tanah pertanian adalah suatu bentuk untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas pertanian. Perbaikan lahan ditujukan agar lahan yang
terlalu sering ditanami lebih bisa berpotensi lagi. Hal ini dapat dilakukan
dengan pemupukan atau pergiliran tanaman. Perluasan tanah pertanian bertujuan
agar peluang kuantitas hasil produksi pertanian lebih besar sehingga bisa
tercapai suatu swasembada pertanian.
1.
Memperbaiki Mutu Tanah
(Intensifikasi)
Usaha meningkatkan
produksi pertanian dengan menambah modal dan tenaga kerja (skill) per satuan
luas tanah yang sama. Contoh: pemupukan, perbaikan pengairan, cara bercocok
tanam, pemberantasan hama dan penyakit tumbuhan, perbaikan struktur tanah,
perbaikan irigasi dan drainase, perbaikan daya menahan air, perbaikan pola
tanam.
2.
Membuka lahan baru
untuk pertanian (Ekstensifikasi)
Meningkatkan produksi
pertanian dengan usaha menambah modal dan tenaga kerja (skill) untuk merubah
bukan tanah pertanian menjadi tanah pertanian Contoh: membuka tanah hutan,
tanah rawa, tanah padang rumput dan sebagainya menjadi tanah pertanian, membuka
hutan non produktif, membangun bendungan/waduk air, memperluas irigasi,
membangun infrastruktur.
e.
Perencanaan Nasional
dan Perencanaan Daerah Untuk Pembangunan Pertanian
Perencanaan nasional
pembangunan pertanian harus dipikirkan matang-matang. Sebelum melakukan
realisasi dari syarat-syarat atau usaha pembangunan pertanian pemerintah harus
memikirkan jalan terbaik bagaimana pertanian ini agar lebih maju. Perencanaan
biasanya dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan.
Kebijakan dan tindakan
Pemerintah yang mempengaruhi perencanaan pembangunan pertanian, merupakan hal
penting untuk berlangsungnya pembangunan pertanian secara tepat dan
kontinyu.Perencanaan pembangunan pertanian ini erat hubungannya dengan
kebijakan, tindakan serta peran pemerintah karena terkait dengan penyusunan
APBN / APBD setiap tahunnya.
Di era Otoda, kebijakan
dan tindakan pemerintah di setiap daerah terhadap pembangunan pertanian tentu
berbeda, Akan tetapi pola dasar dan tujuannya harus seiring dengan tujuan
nasional. Rencana Kegiatan Pembangunan Pertanian Kabupaten / Kota, disusun
berdasarkan usulan dari bawah, yaitu petani dan masyarakat.
Mekanisme penyusunan
perencanaan pembangunan pertanian secara berjenjang dikoordinasikan oleh
BAPPEDA - BAPPENAS melalui wadah MUSRENBANG dari tingkat Kelompok Tani Tingkat
Desa, Tingkat Kecamatan, sampai ke tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi dan
Nasional.
Perencanaan nasional
pembangunan pertanian harus dipikirkan matang-matang. Sebelum melakukan
realisasi dari syarat-syarat atau usaha pembangunan pertanian pemerintah harus
memikirkan jalan terbaik bagaimana pertanian ini agar lebih maju. Perencanaan
biasanya dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan.
Pembangunan pertanian
di Indonesia bisa tercapai jika syarat-syarat pembangunan bisa terpenuhi.
Kendala tidak lengkapnya syarat yang ada akan menjadi pekerjaan rumah bagi kita
semua. Mencari solusi dari banyak sudut pandang sehingga kita bisa mencapai
pembangunan pertanian.
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam pembangunan pertanian, yaitu:
1.
Syarat pokok perlu
mendapat prioritas tinggi
2.
Faktor pelancar dapat
membantu jika syarat pokok tersedia
3.
Hanya sebagian dari
pembangunan yang dapat direncanakan
4.
Perencanaan pembangunan
sesuai daerah
5.
Segi produksi dan
pemasaran harus dipikirkan sekaligus
6.
Banyak investasi yang
perlu waktu sebelum menjadi produktif
7.
Mutu tiap kegiatan
lebih panjang dari pada volume fisiknya
8.
Kegiatan-kegiatan
tertentu harus dikoordinasikan secara lokal
9.
Hubungan-hubungan
penting menyangkut pembangunan pertanian seringkali tidak dapat dinyatakan
dalam angka
10.
Perencanaan hendaknya
memperhatikan keinganan dan keluhan petani
11.
Rencana untuk pertanian
dan industri hendaknya dipertimbangkan sekaligus
12.
Perencanaan harus
mencakup penilaian kritis terhadap proyek yang sedang dijalankan/dilaksanakan
13.
Perencanaan hendaknya
terus menerus
4) Berdasarkan keadaan syarat pokok dan syarat pelancar pembangunan pertanian
di indonesia sebaiknya dilakukan sebagi berikut
Pembangunan
pertanian wajib meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman perkebunan dan
perikanan yang juga mampu menghasilkan devisa dari prioritas ekspor selama
ini. Misalnya, kelapa sawit Indonesia
masih akan terus merajai pasar dunia, yang kini memperoleh tantangan baru dalam
visi keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup. Karet, kopi, kakao, dan
lada Indonesia juga akan terus mampu menguasai pasar dunia. Komoditas perikanan
tangkap dan budidaya seperti ikan tuna, cakalang, dan udang masih akan menjadi
andalan ekspor dan perolehan devisa yang dapat menggerakkan perekonomian.
Strategi
utama yang wajib dijalankan pada komoditas bernilai ekonomi tinggi tersebut
adalah bagaimana caranya agar petani dan nelayan (skala kecil) juga mampu
menerima manfaat ekonomis yang besar agar lebih bergairah dalam meningkatkan
produktivitas dan efisiensinya. Di sinilah strategi pemihakan dari pemerintah,
sektor swasta, dan masyarakat madani menjadi sangat mutlak dan tidak dapat
ditawar lagi.
Ke
depan, strategi peningkatan produktivitas dan efisiensi itu wajib dikembangkan
melalui aplikasi teknologi baru, yang dihasilkan melalui perjalanan panjang
penelitian dan pengembangan (R and D), serta penelitian untuk
pengembangan (R for D). Dunia usaha dan sektor
swasta Indonesia secara umum perlu secara nyata melaksanakan kemitraaan
strategis dengan peguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian
pangan, yang sebenarnya tersebut di segenap pelosok Indonesia. Hanya dengan R-and-D dan R-for-D inilah, inovasi baru akan tercipta,
sehingga daya saing Imdonesia akan meningkat berlipat-lipat. Dunia usaha atau
sektor swasta dapat pula untuk menjadi aktor terdepan dalam mengembangkan
diversifikasi pangan, terutama yang berbasis pemanfaatan teknologi dan industri
pangan. Diversifikasi pangan yang berbasis kearifan dan budaya lokal akan
sangat kompatibel dengan strategi pemenuhan kebutuhan gizi yang seimbang sesuai
dengan kondisi demografi Indonesia yang plural heterogen. Dalam hal ini,
langkah pengembangan teknologi dan industri pangan disesuaikan dengan kandungan
sumber daya, kelembagaan dan budaya lokal.
5) Potensi pertanian yang ada di magelang yang bisa dikembangkan
Srumbung merupakan salah
satu kecamatan di wilayah Magelang yang berbatasan dengan kecamatan Turi.
Kecamatan Srumbung memiliki potensi salak pondoh varietas nglumut yang sudah
terkenal akan cita rasanya. Salak pondoh yang dibudidayakan oleh masyarakat
Srumbung ini memang cocok di tanam di daerah ini, dikarenakan pengaruh dari abu
vulkanik gunung Merapi, sehingga tempat ini strategis sekali untuk ditanami
salak pondoh dengan jenis varietas nglumut.
Akan tetapi
keberadaan salak pondoh ini hanyalah sebagai buah-buah yang membanjiri pasar,
sehingga konsumen mudah bosan dengan tampilan buah ini. Oleh karena itu dengan
adanya buah salak yang begitu melimpah bisa diubah sebagai olahan lain untuk
memikat para konsumen. Seperti halnya saja buah dari salak ini bisa dijadikan
keripik salak ataupun es puter, dodol salak, gethuk salak, selai salak serta
sirup salak, yang semuanya berbahan dasar salak. Kemudian biji dari salak
sendiri bisa diolah menjadi kopi biji salak seperti halnya kopi yang terbuat
dari biji kopi, sedangkan kulitnya dapat mengobati dan menurunkan diabetes
kering dan menstabilkan tekanan darah. Selain itu daerah ini bisa dijadikan
juga agrowisata perkebunan untuk salak.
Dengan adanya diversifikasi
buah salak yang hanya mulanya menjadi buah saja kini dapat diubah menjadi
berbagai macam produk olahan lain. Sehingga tidak membosankan dan diharapkan
dengan potensi kekayaan alam yang melimpah di daerah Srumbung mampu
dikembangkan dengan baik supaya menjadi daerah yang lebih maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar