Jumat, 01 Januari 2016

Artikel Pertanian Awal Tahun

Sumber :merdeka.com
Reporter : Hana Adi Perdana /Jum’at 1 Januari 2016

Rakyat dapat “kado” kenaikan harga cabai di awal tahun

Menjumpai awal pergatian tahun sebagian masyarakat mengeluh dengan adanya kenaikan harga cabai ini. Hal ini menjadi kado di awal pergantian tahun khususnya bagi warga Bekasi. Salah satu pedagang di Pasar Baru, Bekasi, Jawa Barat mengungkapkan bahwa kenaikan harga cabai ini dikarenakan harga dari pasar induk yang sudah merangkak naik sehingga harga di pasaran juga ikut naik, selain itu kurangnya ketersediaan cabai karena stok yang sedikit mebuat harga cabai kian melambung. Harga cabai yang mulanya di hari kamis kemaren Rp. 40.000 per kg kini menjadi Rp.50.000 per kg untuk jenis rawi merah dan cabai keriting. Sedangkan untuk cabai hijau harganya merangkak mulai dari Rp. 20.000 menjadi Rp. 30.000. (Asmoing, Januari (1/1))

Senada dengan Asmoing, Ilham, salah satu pemasok cabai mengatakan saat ini harga cabai juga tengah mengalami kenaikan sampai dengan tanggal 3 Januari mendatang. Awal mulanya kenaikan harga cabai ini dirasa pada saat hari raya Natal dan sempat megalami penurunan pada tanggal 31 Desember 2015. Sesudah Natal harga cabai sudah naik, dan sekarang mejadi Rp. 45.000, cabai keriting hijau Rp. 18.000, rawit merah Rp 38.000 sebelum tahun baru harganya Rp 25.000 dan kalau cabai jenis TW Rp 18.000 per kg. Ilham menambahkan kenaikan harga cabai ini dikarenakan kurangnya stok cabai dari petani hingga akan berakibat harga cabai diduga akan menjadi tidak stabil.

Solusi

Sebenarnya kenaikan harga dari cabai tidak perlu untuk diprihatinkan. Hal ini bisa di atasi bagi ibu-ibu rumah tangga yang suka makan pedas sebaiknya menanam cabai sendiri di pakarangan rumahnya sehingga tidak perlu mengawatirkan adanya melonjaknya harga cabai. Dengan menanam cabai sendiri di rumah setiap harinya bisa dipanen sehingga tidak perlu menghawatirkan harus mencari harga cabai yang murah keman-mana. Bagi ibu-ibu yang tidak mempunyai perkarangan rumah bisa menanam cabai bisa ditanamn secara vertikal maupun hidroponik dan bisa juga dengan penanaman di polybag. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar